Program Adiwiyata, Santri MI Plus Al Mahmud Menanam di Bukit Pertapaan

Hari Menanam Pohon diperingati pada tanggal 28 November. Adanya peringatan ini bermanfaat untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon serta memulihkan kerusakan lahan sebagai salah satu upaya mnecegah bencana banjir dan tanah longsor.

Pohon memiliki peran yang sangat penting bagi makhluk hidup pohon menjaga bumi tetap dingin, menyerap karbon dan menyaring polusi udara. Pohon juga memitigasi bencana alam dengan mengatur cuaca, tanah, melindungi tanaman. Ada banyak manfaat dari kegiatan menanam pohon bagi kehidupan manusia.

Manfaat pohon bagi makhluk hidup yaitu menghasilkan oksigen dan mengurangi karbondioksida, menahan laju air dan erosi, manjaga kesuburan tanah, lingkungan menjadi nyaman, mengurangi zat pencemaran udara, menghasilkan oksigen dan tempat tinggal satwa.

Dengan adanya peringatan tersebut, MI Plus Al Mahmud juga ikut menyemarakkan peringatan tersebut dengan melakukan aksi penanaman pohon di bukit pertapaan Kecamatan Srengat yang di ikuti oleh sebagaian siswa dan guru. Kegiatan ini juga menjadi salah satu program CMAK (Calon Madrasah Adiwiyata Kabupaten) dan sebagai sarana edukasi bagi siswa untuk senantiasa cinta lingkungan. 

Dengan kegiatan tersebut diharapkan seluruh masyarakat terutama semua warga madrasah menjadi pribadi yang berkarakter cinta lingkungan sebagai langkah awal untuk mengantisipasi adanya banjir yang terjadi di wilayah Blitar selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages